Input Data Hasil Survey dalam SAID (Sistem Administrasi Informasi Desa)

IMG_4306 (FILEminimizer)

Setelah melakukan survey validasi data kemiskinan yang dilakukan selama 7 hari berturut-turut. diimplementasikan dalam form-form data penduduk yang telah diisikan saat survey langkah kerja selanjutnya data-data form dimasukkan (input) ke dalam SAID (Sistem Administrasi dan Informasi Desa). Input data kemiskinan Desa Bukor dilaksanakan pada tanggal 13-14 Februari 2017 bertempat di Kantor Balai Desa. Input data ini dilakukan di smartphone dengan sistem berbasis Android dan belum bisa di update menggunakan perangkat PC. Dalam SAID desa sendiri sebenarnya telah tertera nama-nama penduduk Desa Bukor. Namun data yang ada diambil dari dinas kependudukan dan Badan Pusat Statistik tahun 2015. Sehingga memerlukan update data terbaru di tahun 2017.
Dalam input terdapat beberapa penemuan antara lain kuisioner data penduduk yang tertera di SAID sudah tidak sama yang ada di lapangan. Walaupun setiap kita melakukan pencarian penduduk melalui NIK selalu ada, namun data form yang ada di Sistem masih jauh dari kata akurat. Penemuan-penemuan ini nantinya akan ditindak lanjuti dan dilakukan pergantian data namun khusus kuisioner program bantuan seperti KIS (Kartu Indonesia Sehat), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Raskin, PKH serta bantuan jenis lainnya tidak boleh diganti karena bantuan-bantuan tersebut merupakan kebijakan dari Pemerintah.

IMG_4311 (FILEminimizer)
Proses input Data Desa hanya dilakukan oleh 4 orang perangkat desa yaitu Kepala Desa, Sekretaris Desa, Operator desa, dan Kepala Urusan. Karena sifatnya privasi dan vital maka tidak boleh sembarang orang mengupdate data agar tidak terjadi penyalahgunaan data. Dari penemuan-penemuan ini nantinya akan dilakukan pemutakhiran data dan selanjutnya akan di laporkan dalam acara Pembekalan 2 tentang penyusunan perencanaan desa
[red. Admin]

Related posts

Leave a Comment