Program Tuntas Adminduk Desa Bukor

BUKOR – Desa Bukor merupakan salah satu desa binaan di Kecamatan Wringin dan masuk nominasi desa terbaik di Kabupaten Bondowoso. Pada tanggal 12 Januari 2018 desa bukor mengadakan sosialisasi mengenai Tuntas Administrasi Kependudukan (Adminduk) serta penunjukan dan penyerahan SK TIM adminduk yang bertempat di Balai Desa Bukor Kecamatan Wringin. Kegiatan tersebut di hadiri oleh bapak Shodiq (Camat Wringin), ibu Ismaul Hasana (Tim PUPUK), bapak Mathari (Kades bukor), Perangkat Desa, serta Mahasiswa KKN dari Universitas Jember (Unej).
Kegiatan ini bertujuan agar tidak ada lagi permasalahan yang berkaitan dengan adminduk yang meliputi Kartu keluarga (KK), Kartu Tanda penduduk (KTP) dan Akta kelahiran serta Akta kematian yang akan diadakan dalam waktu dekat. Mengingat pentingnya kegiatan ini saya berharap kepada seluruh perangkat desa yaitu Kasi, Kasun dan RT bukor dapat bekerja dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta dapat menyampaikan kepada masyarakat akan pentingnya adminduk, kata pak kades dalam sambutannya.
Selanjutnya Camat wringin mengatakan dalam sambutannya bahwa desa Bukor mendapat predikat desa percontohan Tuntas Adminduk dimana sebelumnya mendapat penghargaan desa terbaik serta menuju desa mandiri dan desa Open Defecation Free (ODF) yaitu warga tidak lagi BAB sembarangan seperti di sungai atau aliran air lainnya. Dalam tuntas adminduk ini semua masyarakat bukor dapat memiliki adminduk secara lengkap terutama bagi anak-anak terkait akta kelahiran. Lebih lanjut pak camat menyampaikan akan segera diadakan akta kematian dalam rangka pemvalidan data dari tingkat desa sampai pusat khususnya validitas data masyarakat kecamatan Wringin sebagaimana halnya yang disampaikan oleh ibu Ismaul Hasana.

Dalam sosialisasi tuntas adminduk tersebut yang menjadi prioritas utama ialah Akta kelahiran sehingga harapan bapak kades, perangkat desa bisa bekerjasama dengan Bidan. Perangkat desa tidak lagi menunggu masyarakat untuk mendaftarkan anaknya terutama yang baru dilahirkan akan tetapi perangkat desalah yang berinisiatif untuk menanyakan kepada masyarakat seperti yang dikatakan pak sanusi dalam rapat dengan pemerintah Kabupaten Bondowoso yaitu Door to door. Lebih lanjut pak kades menyampaikan Tuntas adminduk menjadi program bapak Bupati yang mana program tersebut dipercayakan kepada desa Bukor untuk menjadi desa percontohan Kabupaten Bondowoso dalam tuntas Adminduk.
Pak kades menegaskan kepada semua yang Hadir dalam kegiatan tersebut bahwa untuk semua pembuatan adminduk GRATIS. Jangan sampai karena permasalahan adminduk masyarakat tidak mendapatkan haknya sebagai warga negara. untuk mengantisipasi hal tersebut kedepannya desa Bukor membuat tim Penuntasan Adminduk,Tegasnya.

(KKN DSM 48)

Related posts

Leave a Comment