Adaptasi, Mahasiswa KKN Unej Lakukan Kunjungan ke Dusun Durin Desa Bukor

Bukor, 14 Januari 2018
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) sedang melakukan kunjungan ke Dusun Durin dalam rangka beradaptasi dengan masyarakat ditempat lingkungan KKN berlangsung. Dalam kunjungan tersebut mahasiswa KKN bertemu dengan bapak Satuki dirumahnya selaku Kepala dusun Durin. Selain untuk mengakrabkan diri kunjungan tersebut ditujukan untuk mengetahui kondisi dusun mulai dari jumlah penduduk sampai aktivitas masyarakat yang ada di Dusun tersebut.
Dusun durin sendiri terdiri dari RT 5 dan RT 11, Banyak hal informasi yang didapatkan didusun yang terdiri dari dua RT tersebut bahkan jumlah KK dan jumlah penduduk di RT masing-masing. menurut paparan dari pak satuki bahwa untuk masyarakat dusun durin rata-rata sudah memiliki kamar mandi sendiri hanya bagian kecil bisa dihitung pakai jari Keluarga yang belum punya kamar mandi. bagi mereka yang tidak memiliki kamar mandi biasanya mandinya ke sungai tapi mereka punya Kakus sendiri untuk Buang Air Besar.
lebih lanjut, masyarakat di bukor rata-rata Petani padi dan jagung, hanya saja pada tujuh tahun terakhir banyak tanahnya ditanami pohon sengon karena pohon sengon lebih menjanjikan, tuturnya. dan juga pohon sengon lebih mudah perawatannya namun hasilnya baru bisa dirasakan setelah tujuh tahun sesuai usia sengon yang dapat di Tebangnya untuk dijual. sehingga dalam penantian tersebut sebagian masyarakat dusun durin banyak yang merantau ke daerah lain.

masyarakat dusun Durin juga mengerjakan kerajinan tangan sebagai pekerjaan sampingannya yaitu membuat Besek ikan dari bambu. selain itu juga salah satu keluarga dimasyarakat Dusun Durin ada yang memproduksi Kripik Debi yang menjadi produk unggulan masyarakat bukor bahkan kecamatan Wringin. setelah dari rumah pak Kadus mahasiswa juga mengunjungi tempat Produksi kripik debi tersebut, menurut keterangan Kordes KKN Bukor.

(KKN DSM 48)

Related posts

Leave a Comment