Desa ODF, Bukor Melakukan Koordinasi Keluarga Sehat Tingkat Desa

Bukor, 24 Januari 2018
Selasa pagi dilakukan koordinasi Keluarga Sehat tingkat desa yang diadakan oleh Puskesmas Wringin di balai desa Bukor bersama perangkat desa, pegawai ponkesdes dan kader desa Bukor serta didalamnya melibatkan mahasiswa KKN Unej.
Dalam sambutan yang di sampaikan oleh pak sekdes Bukor (Ahmadi) bahwa kabupaten bondowoso mencanangkan stop berduka, dimana seorang ibu melahirkan tidak menggunakan jasa dukun beranak tapi langsung ditangani oleh bidan. Lebih lanjut, senada dengan apa yang disampaikan pak sekdes kepala Puskesmas (Dokter Tutik) menyampaikan Desa bukor sedang menuju Open Defecation Free (ODF) yaitu kondisi dimana setiap orang tidak Buang Air Besar (BAB) sembarangan karena akan berdampak pada kesehatan lingkungan. Diharapkan pada tahun 2018 ini desa bukor tidak lagi BAB sembarangan.
Program desa ODF Untuk desa bukor akan direalisasikan pada bulan februari 2018. desa Bukor termasuk dalam 4 desa yang akan dilakukan program keluarga sehat bersama 3 desa lainnya di wilayah kecamatan wringin. Dimana Penduduknya berjumlah 791 KK harus sudah terdata semua. Kemudian pemaparan materi keluarga sehat yang disampaikan mbak Dira karuniasari selaku tim Keluarga Sehat (KS) mengatakan Program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) merupakan program prioritas Kementrian Kesehatan yang menggunakan prinsip 5 Nawa Cita, Yang mana didalamnya terdapat 12 Indikator.


Sebagai penutup mbak dira menekankan mengenai pendataan di masyarakat, secara teknis mengenai keluarga sehat akan ditangani 30 petugas dalam satu tim yang mana nantinya satu dusun akan ditangani oleh 5 orang. Ungkapnya

KKN DSM 48

Related posts

Leave a Comment