Pembentukan Sanggar Batik Dan Pelatihan Batik

Pelatihan membatik adalah bentuk praktek atau bagaimana teknik membuat batik yang benar bersama warga desa atau khususnya pemuda desa bukor. Pelatihan ini bertempat di PAUD Cemara depan Rumah Bapak Sanusi.

Kegiatan ini dilakukan dengan cara praktek, diskusi, dan tanya jawab. Untuk proses prakteknya dimulai dari menggambar pola di kertas buram, kemudian diblat dalam kain, setelah proses pengeblatan pola di kain selesai kemudian kain tersebut ditutipi dengan malam. Setelah itu pemberian warna pada kain yang telat ditutupi dengan malam tersebut. Ditunggu sampai kering kemudian proses selanjutnya yaitu pemberian waterglass guna untuk mengunci warna agar tidak mudah luntur, setelah itu proses terakhir yaitu pelorotan dan dirapikan dengan cara disetrika. Inilah serangkaian dalam proses pembuatan batik.

Proses pembentukan sanggar batik ini bertempat di rumah Priyadi yang selaku pembuat dan pemrakarsa pembuatan batik tulis di desa bukor. Sanggar batik ini bertujuan untuk pembentukan kelompok sanggar batik khususnya pemuda di desa bukor, membuka lapangan pekerjaan yang baru, menambah pengalaman serta wawasan mengenai membatik.

Related posts

Leave a Comment