Survey Validasi Data Kemiskinan Desa Bukor

Setelah Pembekalan 1 mengenai pendataan dan perencanaan pembangunan desa berbasis data. Dan dibentuknya 10 tim survey desa maka dilakukan validasi data kemiskinan, Desa Bukor terdiri dari 6 dusun. Yaitu Krajan, Kloangan, Karang Tengah, Karang koo’ng, durin, dan parseh. Namun untuk dusun karang tengah sudah dilakukan validasi oleh para perangkat desa sebelumnya.  Sehigga yang divalidasi ada  5 dusun, khusus dusun krajan dibagi menjadi 2 tim survey karena penduduk desanya yang relatif banyak dari dusun lainnya. Satu dusun di survey oleh kasun (kepala dusun) yang termasuk di dalam 10 tim survey yang disahkan SK Kades. Survey dilakukan mulai hari Minggu, 29 Januari sampai hari kamis 2 Februari 2017.

IMG_20170131_103115_HDR (FILEminimizer)

Dari hasil survey yang dilakukan terdapat beberapa penemuan diantaranya ada satu keluarga tidak mempunyai KK namun memiliki KTP, ada anggota keluarga yang belum tercantum pada KK karena belum diperbarui ataupun ada penduduk desa yang sudah berkeluarga sendiri namun masih tercantum dalam satu KK. Survey dilakukan dengan sistem door to door dengan membawa form yang sudah disediakan serta mewancarai kepala keluarga yang dilakukan oleh tim survey dengan didampingi 2 mahasiswa KKN.

IMG_3274 (FILEminimizer)

Pemutakhiran data menggunakan contoh formulir pendaftaran Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM) yang diterbitkan Kementerian Sosial Republik Indonesia yang terdiri dari tiga bagian utama, yaitu formulir pendaftaran rumah tangga miskin dan kurang mampu, formulir perubahan/pendaftaran data terpadu program penangangan fakir miskin (PPFM) untuk keluarga, dan formulir data rinci anggota rumah tangga yang seluruhnya akan dicocokkan dengan data dalam SAID.

Pemutakhiran data mandiri ini diharapkan dapat terus-menerus dilakukan agar pencacahan penduduk di desa lebih akurat untuk perencanaan pembangunan desa berbasiskan data terpadu. Selain itu pemutakhiran mandiri dan validasi data kemiskinan diperlukan agar dana alokasi bantuan yang disalurkan oleh pemerintah pusat ke desa bisa lebih dimaksimalkan dan tepat sasaran untuk mempercepat pengentasan kemiskinan di Desa Bukor.

[red. Admin]

Related posts

Leave a Comment