MUSRENBANGDES untuk Bukor menuju Desa Maju

Bukor, 16 Januari 2016
Dalam rangka untuk menunjukkan bahwa masyarakat yang akan diuntungkan oleh perencanaan pembangunan, maka desa bukor pada hari selasa 16 Januari 2018 mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( MUSRENBANGDES) yang dilaksanakan di balai Desa Bukor kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso dengan melibatkan semua elemen Masyarakat bukor serta kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Wringin.
Dalam sambutannya pak Mathari selaku Kades Desa Bukor mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbangdes ini untuk merencanakan dan menyusun pembangunan desa bukor tahun 2019. Sebagaimana kegiatan desa bukor yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 sudah direncanakan dan disusun pada Musrenbangdes tahun 2017 lalu. Dalam pelaksanaan pembangunan tahun 2018 ini kami sangat berharap keterlibatan BPD dan masyarakat Bukor dapat bersinergis dengan pemerintah desa untuk melaksnakan pembangunan di Desa Bukor. Dan juga mari kita fikirkan bersama apa yang menjadi prioritas pada pembangunan 2019 kedepan. Kami berharap partisipasi dan dukungan masyarakat bukor untuk bekerja bersama-sama karena dengan inilah insyaallah apa yang kita cita-citakan bisa terwujud untuk desa Bukor yang lebih baik, Harapnya.

Sambutan berikutnya bapak Camat Wringin mengatakan bahwa Musrenbang ini sebagai bahan acuan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Bondowoso. Kalau tahun kemaren itu masih istilahnya penyusunan melalui bidang perbidang tapi untuk tahun 2019 ini sudah mengalami pembaharuan menurut Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2016. Menurut PP tersebut ada 4 (empat) Urusan pemerintah yang akan dibicarakan dalam forum ini yaitu urusan Pemerintah Wajib pelayanan dasar, urusan pemerintah wajib bukan pelayanan dasar, urusan pemerintahan pilihan, dan perlindungan dan kemudian bapak camat menjelaskan secara detail terkait dengan empat hal tersebut.
Setelah sambutan selesai pelaksanaan Musrenbangdes 2019 dimulai yang dipimpin oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) namun berhubung BPD baru terbentuk, BPD menyerahkan kepada bapak Sekdes untuk memandu Musrembang tersebut dengan didampingi oleh BPD. Selama berlangsungnya forum tersebut banyak aspirasi masyarakat yang tertampung dalam Musrembangdes yang akan dirumuskan dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2019 nantinya.

(KKN DSM 48)

Related posts

Leave a Comment